Terinspirasi oleh Buku

Seberapa sering kita tersinpirasi oleh buku?...sangat tergantung dengan seberapa sering kita membaca buku?..dan seberapa sering kita membaca buku juga tergantung pada seberapa luang waktu kita untuk membaca?..kembali seberapa luang waktu yg kita punya tergantung pada bagaimana kita memprioritaskan dan mengatur waktu kita.
 
Okay..back to topic…dari sekian banyak buku yg pernah kita baca tentu ada isi buku yg sangat membekas di diri kita, yg bahkan mampu merubah kita, sanggup mentransformasi diri kita dari suatu sikap, mindset satu ke sikap dan mindset yg lainnya. Itu berarti tandanya kita sdh begitu terinspirasi oleh isi sebuah buku. Sehingga apa yg tertulis di dalam buku menjadi pendorong kita dan menjadi acuan dalam aktifitas kita. Atau sekedar terobsesi ingin melakukan atau ingin menjadi seperti yg ada di buku tp belum bisa itu jg sdh bagian dari terinspirasi.
Dari sekian banyak buku yg pernah saya baca, saya begitu terinspirasi oleh buku2 karya2 Pramoedya Ananta Toer terutama tetralogi pulau Buru: Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah, Rumah Kaca. Saya kagum dgn gaya penulisan serta tata bahasa dan diksi katanya, begitu anggun, serta plot dan alur yg rancak enak diikuti. Disamping juga terselip banyak pesan2 moral yg bagus agar manusia itu bebas pemikirannya serta harus menentang penjajahan manusia atas manusia lainnya bagaimanapun bentuknya. 


Manusia bebas menyampaikan pendapat dan bebas beraktifitas apapun tanpa dibedakan warna kulit, suku, agama, semua setara sama untuk berkarya. Namun dalam semua kebebasan tersebut haruslah diiringi dgn sikap tanggungjawab, dan kebebasan yg baik adalah dengan tetap menghargai hak2 orang lain dan tidak mengganggu hak orang lain. Saya begitu terobsesi dgn gaya penulisan pak pram, gaya penuturannya begitu runtut dan rapi, hingga membuat saya bercita2 ingin menjadi penulis seperti beliau.

Tetralogi Pulau Buru
Buku lainnya yg menginspirasi saya adalah buku2 biografi dari pengusaha2 baik pengusaha dari tanah air maupun dari luar negeri, biografi dari Sam Walton pendiri Wal Mart, Kolonel Sanders pendiri KFC, pendiri dan pembuat the botol Sosro, Biografi Akio Morita, Steve Jobs pendiri Apple, dan masih banyak lagi yg intinya adalah pada awalnya mereka mulai mendirikan bisnis dgn penuh kerja keras dan tekad kuat, dgn perjuangan yg tak kenal lelah, memulai semua dari bawah hingga pada akhirnya bisa menjadi sukses seperti sekarang, dari yg sebelumnya pada awal memulai usaha banyak mendapat cibiran hingga akhirnya setelah menuai kesuksesan mendapat banyak sanjungan, itu semua berkat kerja keras yg tak kenal henti *plus harusnya ditambah doa dan pasrah serta ikhlas -_-* semua perjalanan hidup mereka menjadi salah satu sumber inspirasi saya untuk niat menekuni dunia entrepreneur.

Buku2 dari Tony Wheler pendiri Lonely Planet serta buku trinity The Naked Traveler turut menginspirasi saya untuk berpetualang menajadi backpacker ke negeri orang, sejauh ini baru 6 negara yg bisa saya singgahi, masih belum ada apa2nya disbanding jumlah Negara didunia ini yg ada 200 lebih Negara.

Sebenarnya masih banyak lagi buku2 yg menginspirasi saya, namun akan saya tulis di lain topic -_-…so buku apa yg sudah menginspirasi anda?
0 Responses

very appreciate if it is not anonymous