Clapper Board aka Film Slate


alow gan..permisi nubi numpang buat trit gan terinspirasi dengan gelaran piala Oscar kemarin ane nyoba buat trit ini ..Semoga ga repost..td ane sdh search tp msh belum ada.

Oke agan2 pasti semua tahu dengan yg satu ini terutama para pecinta film:


yup itu adalah Clapper Board
atau Film Slate

apa sebenarnya Clapper Board atau Film Slate itu?

Spoiler for Clapper Board atau Film Slate adalah..:
Clapper board atau film slate yg biasanya digunakan dalam pembuatan sebuah film adalah kotak kecil yang di bagian atasnya ada semacam 'tuas' yang akan dikatupkan saat sutradara atau crew film memberikan instruksi 'Action!!'...kotak tersebut biasanya ada keterangan tulisan: Take, Scene, Rolls, Date, Film, Camera, Director, Production. Fungsinya sangat penting untuk membantu editor film dlm proses editing film tsb serta untuk membantu menyinkronkan antara gambar dengan suara.


bagaimana biasanya Clapper Board atau Film Slate digunakan?


Spoiler for cara kerja Clapper Board atau Film Slate...:
menuliskan semua identifikasi dlm film slate yg diperlukan:
Menulis Scene keberapa yang diambil, bila ada beberapa kamera tulis kamera A atau B atau C, Take atau pengambilan yang keberapa dalam scene tsb, menulis tanggal pengambilan, sutradara/director, judul film, audio tersinkronisasi atau tidak.

setelah semua tertulis, menghadapkan secara jelas didepan kamera hingga bisa ter shoot semua keterangan yang ada di film slate. serta mengatupkan clapstick ketika aba-aba action diberikan

clapper board in action......


Spoiler for gambar2 beberapa penggunaan clapper board:








Jenis-jenis clapper board

Spoiler for beberapa jenis clapper board:

Spoiler for traditional:
konvensioanal/traditional clapper board





Spoiler for digital:
digital/electronic clapper board





sworry banget gan kalo ada info yg kelewat atau kurang lengkap...maklum secara ane cuma dapet info dr gugling2..belum pernah memegang langsung dan menggunakan clapperboard secara langsung
0 Responses

very appreciate if it is not anonymous