Musik kita Menginvasi Asia Tenggara

Logo Lama SO7
Sudah pada tahu dong tentang musik kita yang bisa menembus blantika musik negeri jiran, penyanyi solo dan grup band kita yang lagu-lagunya begitu digandrungi di Malaysia, Singapura, Brunei. Yup..musik kita membanjiri khasanah music mereka kira2 dimulai awal tahun 2000 an tatkala lagu2 grup band Sheila On 7 begitu disukai oleh public negeri jiran, sebelumnya lagu2 dari Dewa 19 dan Slank serta Gigi sdh bisa masuk ke negeri jiran tsb, namun riuh gemuruhnya tidak segegap gempita waktu SO7  mengeluarkan album disana.
Berawal dari kesuksesan tersebut kemudian diikuti oleh grup2 band yg lain, grup2 kita mulai menyerbu industry permusikan mereka, tak hanya mengedarkan album disana yang seringkali mendapat platinum, namun juga pertunjukan konser dan live performance di TV serta jumpa fans di berbagai café dan pusat hiburan lainnya.

Logo Baru SO7

Dalam salah satu ajang penghargaan Anugrah Planet Muzik yg digagas Malaysia, grup band kita kerap mendapat penghargaan kumpulan terbaik, atau album terbaik. Yah bahkan yg sudah pernah ke Malaysia utk menggambarkan bagaimana lagu kita begitu popular disana adalah..begitu seringnya kita mendengar lagu2 kita diputar di sana entah di café,di dalam bus, di stasiun, bahkan di dalam taksi. Ada beberapa stasiun radio di Malaysia dan Singapura yang khusus membuat acara chart/tangga lagu lagu2 Indonesia antara lain http://www.ria.sg , http://www.warna.sg , http://www.hotfm.com.my , http://www.era.fm 

Bagaimana..proud to be Indonesian? Yap..sdh seharusnya. Hegemoni music kita sampai2 membuat para musisi di Malaysia sempat mengusulkan ke pemerintah Malaysia untuk membatasi musik2 dari Indonesia dgn alasan agar musisi asli Malaysia bisa mendapat tempat di negeri sendiri. But actually bukannya dengan masuknya music dari luar malah akan menumbuhkan semangat kompetisi yang sehat dan akan semakin mendorong kreatifitas? Pecinta dan pendengar musik bebas memilih apa yg disukainya dan berhak menentukan musik mana yang mereka anggap berkualitas yang layak untuk didengarkan.


Dan untuk para musisi Indonesia teruslah berkiprah dengan membuat karya2 kalian yg lebih bagus lagi than before….jangan pernah merasa puas dgn kesuksesan yg sdh diraih, musisi Malaysia skrg ‘tertinggal’ kualitasnya dibanding kita karena mereka dulu dininabobokkan dgn kemapanan sementara sehingga tak mau berkembang, padahal selera dan zaman sdh berubah. Be open minded and you’ll be the pioneer so you can be the winner.
0 Responses

very appreciate if it is not anonymous